Kontras pada Fotografi

Updated: Dec 13, 2018

Arti kata kontras menurut KBBI adalah memperlihatkan perbedaan yang nyata apabila diperbandingkan. Kalau dikaitkan dengan dunia fotografi, kontras merupakan perbedaan yang dapat membedakan antar elemen dalam sebuah obyek foto. Menurut tim redaksi HuntingPasar kontras sendiri terbagi beberapa jenis, apa saja ?

Kontras Tona

Kontras Tona mengacu pada elemen cahaya, yaitu gelap dan terang. Biasanya dikategorikan dengan beberapa tingkatan dari tinggi, sedang lalu rendah. Foto dengan tingkat kontras tinggi, umumnya banyak menampakan elemen bayangan yang benar benar gelap (hitam) tanpa atau minim elemen abu abu, istilah dalam foto disebut siluet.


Foto oleh Member Hunting Pasar

Kontras Warna

Kontras warna ya sudah pasti, perbedaan spektrum warna pada sebuah obyek foto. Warna dengan karakteristik dingin (biru) akan sangat kontras apabila dipadankan dengan warna ber karakter hangat (kuning).


Foto oleh member Hunting Pasar

Kontras Tekstur

Adalah perbedaan antara kasar dan halus. Dalam hal ini yang dimaksud adalah tekstur yang diterjemahkan oleh indera penglihatan kita. Contoh perbedaan tekstur background yang blur (halus) dengan tekstur wajah orang tua dengan detail keriput (kasar) akan membuat subuah kontras tekstur.


Foto oleh member Hunting Pasar

Jadi, sebenarnya kontras dalam foto itu, untuk apa sih?

Salah satunya adalah untuk membuat kesan dimensi, atau pembeda untuk memperkuat point of interest dari sebuah obyek foto.

Penggunaan kontras sendiri pasti akan kembali pada selera masing masing fotografer, karena kembali lagi masalah rasa. Cheers!


Gimana, kalau pengen berdiskusi lebih lanjut bisa langsung gabung aja di Hunting Pasar. Caranya? Bisa langsung daftar disini trus join di grup LINE kita


Scan barcode untuk join LINE square kita

© 2019 Hunting Pasar